|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Lumajang » Mantapkan Operator Dapodik

Mantapkan Operator Dapodik

Rabu, 27 Maret 2013 11:33:51  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 599
Mantapkan Operator Dapodik

Dalam rangka memantapkan operator data pokok pendidikan (dapodik), UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Kasembon menggelar pelatihan pada dua hari di pekan lalu. Kegiatan ini merupakan satu langkah maju yang dilakukan oleh unit yang berada di kawasan pinggir kabupaten Malang itu. Semua operator dapodik yang ada di SD dan pendidikan luar sekolah se kecamatan Kasembon turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Ada tidak kurang 20 operator yang ikut. Kegiatan ini sengaja kami lakukan agar para operator ini semakin mantap dan terus mengikuti perkembangan sistem teknologi yang diguanakan,” jelas Kristiono MPd selaku pemateri.

Lebih jauh diungkap oleh Kristiono, pemantapan ini perlu sebab belum semua sekolah di wilayah Kasembon yang bisa mengupdate data dengan benar. Bahkan masih ada salah satu sekolah yang masuk dalam data base Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika ini dibiarkan maka sekolah yang bakal rugi. “Ini kan bahaya, sekolah tidak masuk data base kementrian, bisa tidak diakui ini,” tegasnya.

Kerugian itu tentu tidak saja bagi lembaga. Pendidik, tenaga kependidikan, dan juga anak didik juga bisa dirugikan. Disinggung soal penyebabnya, Kristiono jujur mengakui bila operator dapodik yang ditunjuk dan diberikan tanggung jawab kurang profesional. Namun Kristiono juga menegaskan bila hal ini tidak boleh terulang lagi dan para operator harus diarahkan agar menjalankan fungsinya sesuai harapan.

“Ini tidak boleh terjadi lagi, Kami akan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) agar update data secara on line dan lakukan secara bersama-sama ini bisa dilaksanakan secara rutin tiap awal semester,” tegasnya..eko-KP

Baca "Presensi Lumajang" Lainnya

Komentar Anda